SEO (Search Engine Optimization), artinya mengoptimalkan konten dan pengaturan teknis situs website Anda agar muncul d Google dan mesin pencari lainnya.

Pengguna internet nantinya dapat menjelajah, mengindeks, dan memahami konten Anda untuk menempatkan halaman website di posisi ranking lebih tinggi dalam halaman hasil pencarian.

Strategi digital marketing ini akan membantu Anda meningkatkan visibilitas situs dan kemungkinan mendapatkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik.

Jika calon pelanggan mencari topik yang relevan dengan produk atau layanan Anda, maka website Anda dapat berada di puncak Search Engine Results Page (SERP) bersama kompetitor Anda.

Jika tidak, bisnis lain mungkin baru saja mendapatkan pelanggan baru—atau Anda kehilangan satu.

SEO memungkinankan untuk membimbing pelanggan melalui proses pembelian. Selain visibilitas dan peningkatan lalu lintas situs web, SEO berkontribusi pada otoritas perusahaanmu di industri tersebut.

Dan otoritas tersebut membangun kepercayaan merek, yang pada akhirnya menjadi loyalitas merek.

Mengapa SEO Penting?

Jika Anda ingin membuat orang lebih mengenal merek Anda dalam jangka panjang, memperluas audiens target, dan mendapatkan lebih banyak pendapatan, maka optimisasi mesin pencari (SEO) sangat penting.

Mari kita lihat 5 manfaat utama SEO untuk bisnis Anda, dan bagaimana cara Anda dapat mewujudkannya.

1. Berkompetisi Bisnis Lebih Kuat

Kompetitor Anda kemungkinan besar akan berinvestasi di SEO, artinya Anda juga sebaiknya melakukannya!

Mereka yang serius menggelontorkan dana untuk SEO seringkali sukses mengungguli pesaing pada SERP dan mendapatkan pangsa pasar.

Jika Anda mempertimbangkan bahwa hasil pada halaman pertama pencarian Google mendapatkan lebih dari 90% traffic, akan sulit bagi Anda untuk juga bisa berada di sana, terutama jika kompetitor sudah ada di sana.

Mulailah dengan mengidentifikasi pesaingmu, menganalisis kelebihan dan kelemahan mereka, serta menciptakan dan mengelola reputasi online.

Pastikan bahwa website Anda dimuat dengan cepat dan ramah pengguna ponsel, buatlah konten terbaik yang bisa Anda hasilkan, dan fokus dalam memberikan pengalaman pengguna yang terbaik.

2. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Banyak campaign pemasaran yang sebenarnya sudah memiliki target audiensnya sendiri yang lebih spesifik. Dengan SEO, maka dapat membantu bisnis menjangkau audiens lebih luas lagi.

Buatlah daftar kata kunci yang ingin Anda peringkatkan. Kemudian, gunakan tools keyword research untuk memperluasnya.

Terakhir, gunakan tools competitor research untuk menyempurnakan daftar Anda dengan mengidentifikasi kompetitor, kata kunci yang mereka peringkatkan, dan di mana mereka mendapatkan backlink.

Gunakan informasi ini untuk membuat strategi SEO yang lebih baik.

3. Membantu Content Marketing

SEO dengan strategi content marketing sebenarnya berjalan beriringan.

Dengan membuat konten yang bermanfaat bagi pengunjung, termasuk teks, gambar, dan video, situsmu akan mendapatkan peringkat lebih baik dalam hasil pencarian.

Pastikan kontenmu berkualitas tinggi dan dioptimalkan untuk kata kunci yang ingin Anda peringkatkan.

Mesin pencari menyukai konten yang segar, jadi selalu perbarui kontenmu secara berkala.

Gimana Cara Kerja SEO?

SEO melibatkan kualitas dan kuantitas. Mesin pencari ingin memberikan hasil paling relevan dan berkualitas tinggi kepada pengguna internet.

Jadi, setiap website perlu memiliki konten yang substansial dan bermanfaat serta optimasi teknis untuk mendapatkan peringkat yang baik.

Strategi SEO yang kokoh biasanya mencakup elemen-elemen berikut:

  • Analisis kata kunci
  • Pembangunan backlink
  • Pembuatan konten
  • Pemeliharaan teknis

1. Keywords Research

Setiap penerapan strategi SEO, pasti diawali dengan keyword research. Anda perlu tahu banyak keywords apa saja yang banyak dicari user di mesin pencari.

Tidak hanya sering dicari oleh user, tapi Anda juga harus memastikan apakah keywords tersebut relevan dengan produk, layanan, atau topik bisnis Anda.

Setiap keywords memiliki tingkat difficulty dan volume pencarian yang berbeda-beda. Artinya level difficulty semakin tinggi, artinya persaingannya juga semakin kuat.

Semakin tinggi volume pencarian, artinya keywords tersebut banyak sekali user yang mencarinya.

Di saat Anda ingin menggunakan keywords yang persaingannya kuat, maka Anda perlu memaksimalkan kinerja website, membangun banyak tautan, dan melakukan promosi konten.

Keywords sendiri ada dua jenis tipenya, yaitu short-tail keywords dan long-tail keywords. Tipe short-tail hanya terdiri dari 1 – 2 kata, yang berarti kompetisinya lebih kuat.

Sedangkan tipe keywords long-tail keywords, lebih spesifik, berarti persaingannya lebih rendah.

Misalnya saja Anda mengetikkan di Google, “resep makan” berarti volume pencariannya lebih besar. Jika saja Anda menggunakan keywords “resep makan siang anak”, maka persaigannya lebih rendah.

Jenis strategi ini efektif untuk semua bisnis dan niche yang ingin meningkatkan SEO mereka, mulai dari bisnis fashion hingga e-commerce.

Bukan hanya persoalan menemukan keywords yang tepat, tapi juga bagaimana menempatkannya secara tepat dalam konten Anda.

 Jika konten Anda mengandung kata-kata dan frasa yang digunakan oleh pelanggan, Anda akan meningkatkan visibilitas website Anda dengan memberikan jawaban yang membantu menggunakan bahasa yang tepat.

2. Backlink

Backlink itu maksudnya adalah link halaman website anda dimasukkan ke konten atau halaman milik website lain. Dengan adanya backlink, maka pengguna yang sedang berada di website lain akan mengunjungi website Anda juga.

Anda praktik yang sekarang kita sebut "black hat SEO" di mana perusahaan membeli backlink dari ratusan atau ribuan. Membeli backlink merupakan pelanggaran langsung terhadap panduan Google karena dianggap sebagai spam tautan.

Jadi, bagaimana cara mendapatkan beberapa backlink yang sulit ditemui ini? Anda harus membuat konten yang sangat baik dan bernilai tinggi.

Dengan begitu, pengguna secara organik akan memberikan tautan ke website Anda

3. Pembuatan Konten

Konten adalah denyut nadi dari strategi SEO situs website Anda. Tanpa konten yang bermanfaat, mesin pencari tidak memiliki apa-apa untuk diurutkan. Konten bisa berupa apa pun yang dibaca, ditonton, atau didengarkan oleh audiensmu, termasuk:

  • Blog
  • Teks halaman web
  • Infografis
  • Video
  • Podcast
  • Newsletter
  • Pos media sosial

4. Technical SEO

Technical SEO mengacu pada elemen-elemen teknis di balik layar sebuah situs website yang memungkinkan mesin pencari seperti Google untuk menjelajah dengan efisien, mengindeks, dan memahami kontennya.

Mengoptimalkan faktor-faktor teknis ini juga sangat penting untuk meningkatkan peringkat yang baik secara organik.

Beberapa faktor teknis SEO dapat meningkatkan kinerja arsitektur situs, kecepatan situs web, optimisasi mobile, implementasi markup yang tepat, struktur URL yang efektif, penggunaan teks alt dan heading, metadata, dan kode HTML semantik secara keseluruhan.

Bersama-sama, elemen-elemen ini membantu mengkomunikasikan relevansi dan fokus topik kepada mesin pencari.

Teknis SEO juga memengaruhi seberapa cepat dan mudah Googlebot dapat menjelajah setiap halaman.

Kesimpulan

Dalam mengejar keberhasilan SEO, dapat disimpulkan bahwa strategi ini bukanlah upaya tunggal, melainkan gabungan dari berbagai aspek yang saling terkait.

Mulai dari konten yang bermanfaat dan berkualitas, elemen teknis di balik layar situs web, hingga upaya memahami dan mengikuti perubahan algoritma mesin pencari, semuanya berkontribusi pada mencapai peringkat dan visibilitas yang optimal.

DapurWeb menghadirkan solusi pengoptimasian website secara maksimal, sekaligus juga memberikan pengalaman pengguna yang optimal.

Kami berkomitmen untuk menciptakan website yang mencerminkan identitas unik Anda, menghasilkan interaksi pengguna yang positif, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.